Bandung yang Asing

Ada perasaan aneh dan canggung, ketika Mamah bercerita tentang macetnya perempatan Soekarno-Hatta dan Kiaracondong di pagi hari yang ekornya bisa mencapai Makro (ya, Lotte Wholesale). Sama juga ketika Umi (Ibu Mertua), bercerita tentang pembangunan jalan layang yang akan menjadi bagian pintu keluar tol di Gedebage. Ketika Bayu, adik saya, bercerita tentang Seblak Oces dan belasan nama kuliner yang konon enak. Juga ketika kawan-kawan Komunitas Aleut mengirim foto Braga dan beberapa tempat lain di Bandung.

Perasaan tersebut hadir dari kenyataan bahwa saya sudah tipis sekali keterikatan saya dengan Bandung. Saya dan Bandung kini transaksional belaka. Antara konsumen dengan yang dikonsumsi. Saya memandang Bandung seperti saya memandang Kuta, Yogyakarta, Singapura, Hong Kong, Malang, dan tempat lain yang pernah saya datangi. Sebagai objek untuk penyegaran dari kebosanan terhadap Jakarta. Datang hari Jumat malam, Sabtu pagi beraktivitas bersama keluarga di Margahayu, makan dan jalan-jalan singkat. Minggu pagi pergi ke Derwati, ngobrol-ngobrol dan makan enak, lalu malamnya, atau Senin, pulang ke Jakarta. Datang bermacet ria di Cipularang, makan-makan, belanja, pergi ke Jl.Martadinata, Dago, dlsb, bertemu keluarga, kenyang, lalu kembali.

25 tahun saya hidup di Bandung. 5 tahun terakhir, saya mengakrabi Bandung habis-habisan. Saya datangi banyak sudut, mendalami sejarahnya, mengkritisi kondisinya, dan mengapresiasi banyak ruang di dalamnya. Kini tiba-tiba saya dan Bandung terpisah. Saya memandang Bandung seperti kebanyakan orang Jakarta. 

Mengerikan.

Advertisements

About oomindra

Marketing, antusias terhadap sejarah, musik, dan beberapa hal lain
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to Bandung yang Asing

  1. Sedih baca tulisan ini dan khawatir akan merasakan hal yang sama.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s