Terbangkan Aku ke Nikko!

Sosial media dan internet, disengaja atau tidak, telah dan akan terus mengubah pola interaksi antar manusia. Banyak orang lebih suka membahas efek negatif dari social media pada hubungan sesungguhnya antar manusia. Namun saya orang yang selalu memandang positif semua hal. Bagi saya, sosial media dan internet lebih banyak efek positifnya.

Salah satu jasa internet dan sosial media buat saya adalah saya bisa mengetahui seseorang yang ajaib bernama Nikko Auglandy. Saya mengenal nama Nikko setelah mengunjungi laman nyariwatu.multiply.com. Laman tersebut langsung membuat saya terpukau dan betah menelusur selama lebih dari tiga jam. Ya Tuhan, saya telah menemukan tempat database terlengkap situs-situs peninggalan Mataram Kuno yang bisa diakses publik!.

Ya, Nyariwatu bisa dibilang adalah gerakan Nikko dan beberapa temannya dalam mendokumentasikan situs-situs peninggalan Mataram Kuno yang tersebar di pelosok Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah. Situs-situs tersebut berserakan secara random dan Nikko rela blusukan untuk mencari, mendokumentasikan, dan membagikan info itu secara gratis di internet. Heroik.

Kini nyariwatu.multiply.com telah pindah rumah ke nyriwatu.blogspot.com. Nikko pun kini telah bekerja tetap sebagai wartawan di Solo dan tidak lagi begitu aktif blusukan. Maka jika saya bisa bertemu Nikko, saya akan minta dia untuk menemani saya mengunjungi situs-situs peninggalan Mataram Kuno yang kondisinya memprihatinkan dan dikhawatirkan dapat hilang sewaktu-waktu. Saya akan membantu mendokumentasikan situs tersebut dan mengangkat isu konservasi ke publik pecinta sejarah di sosial media maupun gerakan sesungguhnya. Saya juga akan membantu Nikko mencarikan penerbit untuk membukukan dokumentasi dan database situs yang selama ini dia kumpulkan.

Nyariwatu blog 1

Untuk menemui Nikko, saya akan memakai penerbangan dari Citilink. Citilink menyediakan penerbangan murah, dan terutama menyediakan perjalanan Jumat siang tanggal 14 Agustus. Artinya saya bisa bekerja dulu pada pagi harnya. Akhir pekan kedua  Agustus merupakan libur panjang, karena Senin 17 Agustus adalah hari libur. Namun harga tiket yang ditawarkan Citilink melalui aplikasi Traveloka tetap pada harga yang tergolong murah. Menyenangkan sekali karena akan sangat sesuai jika momentum hari kemerdekaan saya pakai untuk mendokumentasikan fragmen sejarah panjang bangsa ini.

Screenshot_2015-06-05-11-25-14 Screenshot_2015-06-05-11-25-19

Di Solo, saya akan menginap di Hotel Kusuma Sahid Prince. Ini adalah hotel yang menarik karena suasana yang ditawarkan adalah suasana otentik Keraton Solo. Dimana bangunan yang dipakai adalah bangunan lama bergaya Mataram Islam, dan interior yang digunakan pun satu tema dengan bangunan. Menginap di hotel ini telah menjadi impian saya sejak lama. Memesan via Traveloka, membuat saya bisa mendapat harga yang lebih murah ketimbang melakukan reservasi langsung. Membuat mimpi saya bisa menginap di hotel ini akan terwujud.

Screenshot_2015-06-05-11-26-53 Screenshot_2015-06-05-11-27-52

Menggunakan aplikasi Traveloka, membuat saya merasa memiliki organizer perjalanan pribadi. Bukan organizer biasa, melainkan organizer yang tidak mengenakan harga mahal namun bisa membuat saya menikmati sensasi bepergian kelas satu. Sudah enam perjalanan luar kota saya memakai aplikasi Traveloka untuk merencanakan budget perjalanan, dan untuk reservasi tiket pesawat dan hotel, dan tidak pernah saya merasa kecewa pada akomodasi yang saya dapatkan dari Traveloka.

Semoga Citilink dan Traveloka kali ini kembali bisa membantu saya menemui Nikko, sekaligus membantu mewujudkan mimpi kami mempublikasikan dokumentasi situs-situs peninggalan Mataram Kuno. Demi sejarah Indonesia.

Advertisements

About oomindra

Marketing, antusias terhadap sejarah, musik, dan beberapa hal lain
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to Terbangkan Aku ke Nikko!

  1. uce bali says:

    Saya juga sangat terbantu dg traveloka. Ketika mendadak harus keluar kota booking pesawat dan hotel bisa sekalian, budget juga bisa disesuaikan ^.^

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s