NILLMIJ Sang Pelopor Asuransi di Indonesia

Industri asuransi jiwa di Indonesia  adalah salah satu industri paling tambun di Indonesia. Data yang dirilis Otoritas Jasa Keuangan (OJK) per 24 Juni 2014 menyebutkan bahwa industri asuransi jiwa di Indonesia memiliki total dana kelolaan Rp 256,97 triliun.

Mungkin para pelaku industri asuransi (baik pekerja maupun nasabah) sedikit banyak harus berterimakasih pada Nederlandsch Indiesche Lenvensverzekering en Liffrente Maatschchappij alias NILLMIJ. Karena sejarah panjang asuransi jiwa di Hindia Belanda semua bermula dari NILLMIJ.

NILLMIJ didirikan pada tahun 1859 oleh salah satu financier pertama di Hindia Belanda; C.F.W Wiggers van Kerchem. Van Kerchem juga kelak menjadi Presiden Direktur De Javasche Bank periode 1863-1868.

C.F.W. Wiggers van Kerchem, pendiri NILLMIJ

C.F.W. Wiggers van Kerchem, pendiri NILLMIJ

Menjadi satu-satunya perusahaan asuransi jiwa di Hindia membuat NILLMIJ memonopoli industri asuransi. Kedekatan Van Kerchem dengan pemerintah membuat NILLMIJ mendapat banyak keuntungan ekstra. NILLMIJ bahkan bisa memungut premi melalui para kolektor pajak pemerintah dan divisi penggajian militer. Pemerintah dan pejabat militer juga merekomendasikan NILLMIJ kepada para pegawai pemerintah dan personel militer sebagai alternatif lain untuk menabung selain dari sistem pensiun yang berlaku.

Monopoli NILLMIJ berakhir pada 1883 ketik pemerintah membuka keran bagi asuransi swasta asing yang untuk berekspansi di Hindia. Pemerintah berhenti membantu NILLMIJ mengumpulkan premi. Masuknya perusahaan asuransi lain seperti the Dordrecht, the Olveh, Eerste Nederlandsche dan lain-lain makin mengecilkan porsi NILLMIJ di industri. Pada 1932 NILLMIJ memperbaharui merk bisnisnya dengan nama N.V. Levensverzekering Maatschappij Nillmij van 1859.

Kantor NILLMIJ Semarang

Kantor NILLMIJ Semarang

Untung bagi NILLMIJ, saat masih memonopoli pasar, mereka sudah berekspansi ke Belanda. Mereka tercatat memiliki tiga kantor cabang di Den Haag, satu cabang di Amsterdam, dan satu cabang di Rotterdam. Sedangkan di Hindia NILLMIJ memiliki kantor cabang di Batavia (Noordwijk/Gang Thibault, sekarang Jl.Juanda, Jakarta), Bandung (Aloen-Aloen/Oude Kerkhofweg, sekarang Jl.Asia Afrika belokan Banceuy), Semarang (Heerenstraat/Kerkstraat), Yogyakarta (Jl.Trikora, sekarang Gedung BNI), Surabaya (di Willemskade/Gang Fraser) dan Medan (Soekamoelia/Voorstraat).

Kantor NILLMIJ Medan, terletak di sebelah kanan gedung AVROS.

Kantor NILLMIJ Medan, terletak di sebelah kanan gedung AVROS.

Kantor NILLMIJ Bandung

Kantor NILLMIJ Bandung

Kantor-kantor cabang NILLMIJ di Hindia dibangun dengan cita rasa arsitektur tinggi. Cabang Batavia bahkan didesain langsung oleh arsitek terkenal P.A. Mooijen, yang kelak akan menangani megaproyek Menteng. Sedangkan kantor Yogyakarta didesain oleh arsitek Ir. FJL Ghijsels.

Kantor NILLMIJ Yogyakarta, didesain oleh arsitek F.Ghijsels

Kantor NILLMIJ Yogyakarta, didesain oleh arsitek F.Ghijsels

Kantor NILLMIJ Batavia, didesain oleh arsitek P.A. Mooijen

Kantor NILLMIJ Batavia, didesain oleh arsitek P.A. Mooijen

Ekspansi di NILLMIJ di Belanda kelak terbukti jadi langkah yang bisa menyelamatkan eksistensi NILLMIJ pasca kemerdekaan Hindia Belanda. NILLMIJ memisahkan manajemen menjadi dua, manajemen di Hindia Belanda, dan manajemen di Belanda. Pada tahun 1952 NILLMIJ Belanda melebur dengan perusahaan asuransi jiwa Arnhem (Levensverzekering Maatschappij Arnhem). NILLMIJ Belanda kemudian mencatatkan diri sebagai salah satu perusahaan pertama yang menggunakan otomatisasi dengan komputer. Presiden Direktur Johanes Engelfriet pun membuka anak perusahaan Electrologic, yang memproduksi komputer X1.

Kantor NILLMIJ Den Haag

Kantor NILLMIJ Den Haag. Foto : Frans Schdmit

Salah satu ornamen pada Kantor NILLMIJ Den Haag berlambang lambang Batavia. menandakan hubungan dengan Hindia Belanda

Salah satu ornamen pada Kantor NILLMIJ Den Haag berlambang lambang Batavia. menandakan hubungan dengan Hindia Belanda. Foto : Frans Schdmit

NILLMIJ Indonesia mengalami nasib berbeda. Pada 1957 pemerintah Indonesia menginstruksikan nasionalisasi perusahaan-perusahaan Belanda. Nasionalisasi NILLMIJ baru terlaksana pada 17 Desember 1960. NILLMIJ van 1859 dinasionalisasi menjadi PT Perusahaan Pertanggungan Djiwa Sejahtera, yang kemudian beberapa kali lagi mengalami peleburan dan perubahan nama, sampai pada 1966 menjadi Perusahaan Negara Asuransi Jiwasraya. Merk dagang yang bertahan hingga hari ini sebagai Badan Usaha Milik Negara.

Sumber :

Monumentzor Den Haag. NILLMIJ. (http://www.monumentenzorgdenhaag.nl/sporen-van-smaragd/nillmij)

AEGON, N.V International Directory of Company Histories. 2003. AEGON’s Predecessors: Dutch Insurance Through 1870. (http://www.encyclopedia.com/topic/AEGON_N.V.aspx#1)

Special Unit for Bank Indonesia Museum. 2008. President of De Javasche Bank (1828 – 1953). (http://www.bi.go.id/en/tentang-bi/museum/sejarah-bi/pra-bi/Pages/historybeforebi8.aspx).

-. 2008. Sejarah Asuransi Jiwasraya. (http://www.jiwasraya.co.id/)

 

 

 

Advertisements

About oomindra

Marketing, antusias terhadap sejarah, musik, dan beberapa hal lain
This entry was posted in Perusahaan, Sejarah and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s